Saweran Buat Legenda Kendang Jalanan

Bon 13 - 5
Pak Sujud di foto mas Bonang

Sujud Sutrisno atau yang lebih dikenal dengan nama Sujud Kendang seorang seniman kendang jalanan yang boleh dikatakan sebagai living legend sampai sekarang. Menghibur dengan kendangnya dan gubahan – gubahan liriknya yang lucu sejak tahun 1964. Meskipun begitu Pak Sujud tidak menganggap dirinya sebagai pengamen, beliau cenderung lebih suka menganggap dirinya sebagai “PPRT” atau “Pemungut Pajak Rumah Tangga” karena menurut beliau pekerjaan yang seperti beliau ini mendatangi satu rumah ke rumah lain untuk bermain kendang dan bernyanyi demi mengharap ke ikhlasan dari penghuni rumah. Sebagaimana masyarakat tradisional Jawa pada umumnya, Pak Sujud percaya akan salah satu ajaran Jawa yaitu “nrimo ing pandum” yang berarti menerima dengan sabar dan kerendahan hati.

IMG_3342
GepengKK, Pak Sujud, Nila Tanzil & Ghofar

Sebagai seniman kendang jalanan yang punya ciri khas, Pak Sujud sering diundang mengisi berbagai acara. Seperti acara lokal skala kecil sampai besar. Bahkan beliau pernah juga tampil di The First Indonesia International Drum Festival. Pak Sujud yang selalu tampil mengenakan blangkon, surjan dan kumis palsu ala Charlie Chaplin ini mengaku akan berhenti menjadi seniman jalanan jika kondisinya tidak memungkinkan lagi. Tapi selama masih kuat, akan terus dijalaninya.

Bon 13 - 3
Pak Sujud bercerita, difoto Bonang

Nah! ngomongin tentang kesehatan beliau ini mempunyai kendala di bagian penglihatan yang mulai kabur karena katarak. Menurut beliau, dulu pernah operasi di sebelah mata kanan akan tetapi mata yang sebelah kiri belom. Nah berangkat dari masalah tersebut ada satu niatan mulia dari mbak Intan, Nila Tanzil dan mas Ghofar yang mengadakan penggalangan dana buat operasi mata kiri Pak Sujud.

Acara charity ini berlangsung hari kamis tanggal 11 Juli 2013 yang lalu, banyak dukungan dari seniman – seniman Jogja yang peduli dan mereka-pun mau tampil tanpa dibayar demi meramaikan acara charity ini. Bertempat Angkringan KR, acara dibuka oleh duet maut MC kondang Jogja yang juga DJ radio qwerty Pamityang2an mas GepengKK dan seorang petualang yang bernama mas Ghofar. Musisi yang berturut – turut tampil menyumbang beberapa single adalah Sarita Fraya, Answer Sheet dan Summer In Vienna yang kemudian di tutup oleh penampilan Pak Sujud itu sendiri. Penggalangan dana berlangsung cukup meriah dalam nuansa kesederhanaan tentunya. Semuanya terhibur oleh penampilan Pak Sujud dan beliau juga tak henti – hentinya mengucapkan terima kasih kepada yang datang dan ikut menyumbang.

IMG_3332
Sarita Fraya
IMG_3333
Answer Sheet
IMG_3337
Summer In Vienna

Bagi temen-temen yang melewatkan acara penggalangan dana untuk operasi mata kirinya Pak Sujud ini kalian masih bisa loh nyumbang ke rekening disini, mumpung bulan baik bulan Ramadhan mari kita saling membantu orang 🙂

IMG_3348[1]
Penampilan Pak Sujud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *