Viva La Vivaldi

Vivaldi2

Bosan dengan Chrome yang semakin berat dan firefox yang gitu-gitu saja? kini browser hipster telah hadir, namanya pun termasuk unik Vivaldi yang jauh dari kesan teknologi.

Vivaldi1

Vivaldi lahir dan dikembangkan oleh Vivaldi Technologies, sebuah perusahaan yang di dirikan oleh mantan co-founder dan CEO dari Opera Jon Stephenson von Tetzchner. Jika dilihat lebih jauh, browser Vivaldi ini emang memiliki sedikit kemiripan dengan mantannya Opera. Dari segi penamaan saja sudah agak terlihat, Opera dan Vivaldi ini jauh dari kesan teknologi tapi lebih dekat dengan musik, harmoni dan budaya Italia. Nama Vivaldi sejauh pengamatan saya yang awam ini mungkin terinspirasi oleh nama besar Antonio Vivaldi (Antonio Lucio Vivaldi, 4 Maret 1678 – 28 Juli 1741) seorang komposer Baroque.

Sejatinya Vivaldi ini dilahirkan sebagai website virtual community yang menggantikan My Opera yang pada akhirnya ditutup oleh pihak Opera pada bulan Maret 2014. Jon Stephenson von Tetzchner sebagai bapaknyanya sangat marah terhadap keputusan tersebut karena menurutnya komunitas tersebut banyak membantu Opera selama ini. Akhirnya Tetzchner meluncurkan Vivaldi Community untuk menggantikan My Opera, komunitas virtual tersebut akhirnya berkembang menjadi Vivaldi web browser yang dilurncurkan pada 27 Januari 2015 silam.

Vivaldi memiliki user interface yang minimalis, penggunaan ikon – ikon dasar dan font sangat terlihat jelas disana. Skema warna browser berdasarkan pada background dan elemen – elemen halaman web yang sering dikunjungi penggunanya. Vivaldi menggunakan Chromium (Blink) rendering engine seperti halnya yang digunakan pada Google Chrome, tapi browser itu sendiri hampir seluruhnya dibangun menggunakan teknologi web modern termasuk ReactJS, Node.js, HTML5 dan sejumlah Node module.

Kini Vivaldi telah tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Silahkan download disini Vivaldi jika udah ngga sabar kepengen incip – incip versi tech preview nya.

Berikut ini adalah beberapa tampilan Vivaldi:

Vivaldi3
Tampilan Menu Bookmark
Vivaldi4
Tampilan Menu Vivaldi Mail
Vivaldi5
Tampilan Menu Contact
Vivaldi6
Tampilan Menu Download
Vivaldi7
Tampilan Menu Notes
Vivaldi8
Tampilan Vivaldi Web Browser

 

5 Comments


  1. koe wis nyubo banya-banya tab pake ini belom?

    Reply

    1. udah, gara-gara bugbase ga bisa dibuka pake firefox.. akhirnya seharian pake Vivaldi ini

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *